Pengaturan/ Setting Asas Blogger

Sebagai blog pemulah anda harus mengatur atau setting terlebih dahulu blognya sehingga nantinya mesin pencari dapat mengenal blog anda dan juga pengaturan dasar blogger tujuannya adalah menentukan cara berbagi atau untuk mengatur paparan blog anda diantaranya judul blog , berapa jumlah post yang akan tampil pada halaman depan, dan siapa saja yang dapat menulis atau comment pada blog anda, pokoknya banyak lagi dhe...anda bisa mengatur sendiri bagaimana cara membatasi cara berbagi, tapi ingat"!jika anda salah setting bisa-bisa blog anda sulit ditemukan nah...supaya tidak pusing cukup anda mengikuti langkah -langkah berikut ini. 

Untuk memudahkan, anda bisa mngubah bahasanya sesuai bahasa anda.

Lngkah pertama, pastikan anda sudah log in

pada dashboard klik pengaturan/ setting seperti gambar dibawah ini

Setting Blog

Selanjutnya akan muncul seperti gambar berikut

BASIC


TITLE BLOG, yaitu judul blog anda yang akan terpangpang pada bahagian atas browser ketika blog anda dibuka

DESCRIPTION, silah ganti klo mau sesuai yang cocok untuk blog anda contoh BERBAGI BERDASARKAN PENGALAMAN sesuaikan antara judul blog dan Description

Selanjutnya FORMATTING
Setting Asas Yang Perlu Diketahui Oleh Blogger

Show, nah..ini yang penting. show adalah jumlah entri/ post yang akan tampil pada halaman depan, untuk menghindari loading terlalu lama, silahkan pilih 1-2 tapi jika anda pilih 10 silahkan itu terserah anda".

Adapun :

Date Header Format, sesuaikan ajha"!
Arshcive Index Date Format, sesuai keinginan anda
Timestamp Format, sesuaikan menurut anda, ini format keterangan yang ditipe dalam tempo sebulan
Time Zone, ubah waktu sesuai negara anda
Language, pilih bahasa yang diinginkan, tapi lebih baiknya anda memilh english

Selanjutnya COMMENTS
Setting Asas Yang Perlu Diketahui Oleh Blogger
COMMENTS, jka anda ingin memaparkan komentar pada blog anda pilih show jika tidak pilih no

WHO CAN COMMENTS, siapa saja yang ingin komentar diblog anda jIka anda ingin semua orang boleh comment maka pilih ANYONE

COMMENT FOR PLEASEMENT, yaitu peletakan kotak komentar pilih EMBEDDED BELOW SHOW POST supaya kotak komentar dapat terlihat tapi tidak semua tamplate bisa dengan embedded below show.

Selanjutnya
Setting Asas Yang Perlu Diketahui Oleh Blogger

COMMENT MODERATION, jika anda ingin menyeleksi comment sebelum dipublikasikan pilih always tapi jika mau langsung dipaparkan comentar tampa diseleksi dahulu maka pilih never.

SHOW WORD VERIFICATION FOR COMMENT, supaya tidak menyusahkan sipenulis komentar maka baiknya untuk pilih now. agar bisa komentar tampa harus menuliskan verifikasi kata.

Itu ajha . oya, sewaktu-waktu anda bisa merubahnya kapan-kapan anda mau.


Pengertian Seo dan Tujuannya

Sebelumnya saya ingin bertanya, apakah anda sudah tahu apa itu seo, pernakah ada keinginan untuk mempelajari mengetahui mamfaat atau kegunaan seo. jika anda adalah seorang blogger  saya yakin istilah seperti ini sudah banyak tahu tentang seo. tapi bagi anda yang belum tahu khususnya baru-baru bergabung diweblog maka penting dan harus anda ketahui, tujuannya apa. karena dengan seo salah satu proses meningkatkan pengungjung weblog kita.

Apa Pengertian Seo?
Pengertian Seo adalah singkatan dari search engine oftimization, yaitu oftimalisasi mesin pencari. secara umum dapat diartikan sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, yang bertujuaan untuk meningkatkan pengungjung suatu web dan kualitas terafiknya dengan melalui mesin pencari seperti google., yahoo, msn live search dll. dengan memamfaatkan kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. jadi, dengan  
menggunakan trik tersebut maka web sipemilik selalu mejadi urutan teratas/pertama pada mesin pencari.

Sebagian diantara mereka memberikan definisi Seo dan Arti search engine Ofimization yaitu cara atau proses menaikkan jumlah pengunjung pada suatu website lewat search engine seperti google yahoo, msn dengan melalui pencarian yang normal.

Sementara pengertian Seo menurut pakar teknikal dengan bahasa yang mudah dipahami. kata mereka, suatu tehnik atau metode menaikkan hasil pencarian pada search engine supaya mendapatkan ranking tertas pada setiap keyword atau kata kunci yang diinginkan.

Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, seo itu bahasa simplenya keyword atau kata kunci weblog kita bisa terpampang diurutan pertama mesin pencari.

Nah, apa tujuannya
Tujuannya adalah untuk menempatkan weblog website atau blog kita pada urutan pertama/teratas mesin pencari. sehingga, weblog yang menempati urutan teratas akan mendapat peluang untuk lebih banyak dikunjungi dengan demikian pengungjung weblog kita akan banyak.

Mengapa perlu menpelajari seo, mengapa? untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan uang. maksudnya apa? selain gratis seo juga dapat meningkatkan pengungjung ke weblog kita jadi, jika weblog anda salah satu jaringan business maka dengan sendirinya weblog anda akan dikunjungi banyak orang sehingga nantinya anda lebih muda memperomosikan barang jualan anda.

HTML itu apa ?

Mengetahui dan mengerti tentang HTML maka tentunya dengan mudah kita dapat membuat situs web sendiri sekaligus kita dapat otak atik sesui keinginan kita, sebenarnya sobat saya sendiri belum sanggup untuk menjelaskan HTML secara mendetail, namun setidaknya saya bisa mengajak sobat sekalian untuk mengenal dan pengetahui HTML itu apa?. hayo baca ajha terus sobat, setidaknya dapat menambah pengetahuan kita.

Apa itu HTML?

HTML singkatan dari HiperText Markup Language, dalam arti umum, adalah file teks atau file Ascii yang berisi intruksi / script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. atau bisa diartikan suatu metode untuk mengimplementasikan konsep HiperText dalam suatu naskah atau dokumen. ada juga mengartikan HTML adalah singkatan dari HiperText Markup Language, HTML  tidak tergolong dalam bahasa perograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda Marking Up pada suatu naskah text tetapi HTML lebih dikenal sebagai bahasa Markup yang terdiri dar serangkaian Tag Markup yang mampu menggambarkan sebuah halaman Web. di dalam file html terdapat beberapa Tag atau code-code yang di mengerti oleh web browser dan dapat menampilkan di layar monitor.

File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem oprasi apapun, antara lain, Notepad di windows, Emasc atau Siple Text di Macintosh. File HTML dapat dibuat di aplikasi Word Processor apapun asalkan saat menyimpan file tersebut dsimpan dengan Format Text Only.

Adapaun yang di maksud HiperText, Markup, Language Dan DokumenHTML :

 HiperText adalah kata atau farase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah atau dokumen dengan naskah-naskah lainnya. jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau documen yang kita tuju.



Markup menunjukkan pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada Wold Wide Web




HTML Markup Tag biasa disebut Tag HTML kata kunci yang diapit oleh sudut kurung,  Tag HTML biasanya berpasangan Tag Awal Dan Akhir. ciri-cirinya ditambahkan garis miring. adapun Contoh Tag HTML anda bisa mencarinya sobat di situs- situs lain.




Language, Meski HTML sendiri bukan bahasa programan, HTML merupakan kumpulan dari beberapa intruksi yang dapat digunakan  untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen.




Dokumen HTML - Halaman Web Dokumen HTML berisi serangkain Tag HTML kemudian diterjemahkan oleh web browser seperti internet explorer, mozillah, firefox dan lain-lain. kemudian ditampilkan dalam bentuk halaman web.maksudnya apabilah dokumen sudah dibuka oleh web browser tidak lagi tampil Tag-Tag HTMLnya melainkan suda sebagai halaman web.




Siapa Iyagus Ugy

"Nah...penasaran kan siapa Iyagus Ugy, hehehe canda sob". kenalkan name ane Gustan Irfandi alias Agus, alias Gus Aja, alias Iyagus Ugy, alias Wija Ugy, ane juga biasa dipanggil Adit bukan Aditiya. ane lahir 21 maret 1986 di Palopo Sulawesi Indonesia. ane dibesarkan dari 6 bersaudara ane anak yang pertama .name ortu ayah, Dg. Matengga Ibu Fasiha, SD ( sekolah dasar kelas 1 di kota Sengkang Sul-Sel belum selesai ane pindah di kota Palopo Bungadidi Sul- Sel ane langsung masuk kelas 3 belum selesai ane pinda ke kota Malili Sul-Sel sampai kelas 4 belum selesai ane pinda lagi ke ke kampung asal waktu itu ane sempat mengikuti tex terakhir ujian nasional alhamdulillah lulus akhirnya naik kelas 5 belum sempat naik kelas 6 ane memutuskan untuk berhenti sekolah karna merasa bosen selalu pindah2 waktu itu sempat sih nyalahin ortu .akhirnya nganggur 1 tahun lebih, kemudian ane masuk sekolah lagi di kota Bone tuju-tuju Kajuara Sul-Sel langsung masuk kelas 6 SD dan alhamdulillah sempat dapet rangking 4 dari 64 siswa dan akhirnya dapet ijaza SD. " selepastu karna kebetulan sekolah ane yang di bone berdekatan dengan pesantren sebut saja pondok tuju-tuju ( Darul Huffadh ) akhirnya saya memutuskan untuk masuk disana dan alhamdulillah ane bisa selesaikan 6 tahun walaupun berbagai macam rintangan dan cobaan mulai yang masem2 , manis2 sampai yang pahit2 semua kurasakan. kemudian waktu itu pimpinan ane memberikan kepercayaan untuk ngabdi disana dipondok 2 tahun dan sehingga ane selesai pada tahun 2007 angkatan XII sebut aja Ittihad Boys itulah nama alumni kami dan akhirnya sekarang ane melanjutkan stady di maleysia Kolej Pengajian Tinggi Islam ( Marsah ) Johor Bahru, ane lum tahu selesainya kapan doain ya sobat moga sukses dan cepat selesai. kegiatan ane hari-harinya sama seperti antum antum semuanya. disamping kuliya ane juga kursus belajar weblog/ desain, kumputer dll. ane juga kebetulan mencobah bisnis kecil- kecilan orang lain biasa sebut bisnis marketing online kalau saya biasa menyebutnya bisnis garu-garu kumputer hehehe....kasar amat. selain itu ane juga mecobah masuk salah satu bisnis, mungkin antum belum tahu orang lain biasa sebut bisnis MLM tapi bukan yang itu. nah...sobat untuk mengembanggkan pengetahuan yang ane dapatkan orang lain bilang peraktek , ane mencobah membuat blogger dimana pengetahuan dan pengalaman bisa kita saling berbagi. nah,, mungkin gitu aja sobat mohon maaf ane curhat dikit. siapa tahu bisa bermamfaat buat saya dan umumnya kepada antum2 semuanya . oke tanks for oll....

Cara Menghapus Teman di FB/ Facebook

     Saya perna ditanya teman "katanya gimana cara menghapus teman di fb?" maka kesempatan kali ini yang kita bahas adalah memutuskan talih silatuh rahim di facebook hehehe...kasar amat.

Oya sobat saya perna dikirimi conten sex alias gambar porno, klo tidak salah 11 gambar. iya waktu itu si maklum aja waktu mula2 saya buka daftar fb. klo ada yang add saya tampa basah basih saya langsung terima apalagi klo seminggu baru buka kadang yang add saya sampai 20 -30 orang. nah...waktu itu entah darimana ada salah satu cewek yang kesasar add saya mungkin saya dilihat ganteng kali ya hahaha...iya...tampa pikir panjang saya terima aja apalagi dia cantik. kata teman saya jarang-jarang cewek cantik yang mau add cowok. akhirnya saya dan dia telah resmi jadi teman sebut saja dia gadis arab...entah berapa hari kemudian eh...saya dikirimi gambar porno sial betul lah...sebagai pelajar kolej pengajian gua kan malu dikirimi gambar-gambar seperti itu. apalagi waktu itu saya suda punya teman hampir 700 orang di facebook. tau ga apa yang saya lakukan selepas melhat gambar-gambar tersebut pikiran gua kacau bercampur malu .iya...pikir ajalah sobat kalau seandainya gambar-gambar tersebut di ketahui teman-teman saya di pesantren bisa berabe kan? nah...yang parahnya lagi klo tante atau paman gua yang lihat bisa2 habis saya. makanya sobat jangan sembarang add atau jangan sembarang terimah di facebook.

Lanjut cerita, sebenarnya gambar tersebut mudah aja dihilangkan atau dihapus tapi karna saya baru pemulah jangankan menghapus gambar yang dikirmi teman atur prifile sendiri saya ga tau lucu kan? akhirnya waktu itu saya ingin menghapus fbq tapi tidak bisa akhirnya dari 700 orang teman semuanya saya hapus dari pertemanan tak kira kak long kah ayahanda kah taiko kah semuanya saya hapus hahahaha....kayak kl gangster aja. oya sobat", cobah bayangkan dari 700 orang semuanya dihapus satu-satu bukan sekaligus kira2 makan waktu berapa lama pikir aja sendiri ? 

Jadi bagi facebooker yang merasa dirinya dianiaya dikerjain maksudnya suda merasa tidak nyaman lagi terhadap temannya yang kurang jelas tidak tahu asal usulnya mendingan putuskan aja sobat dari perteman dengan kata lain hapus dari teman. daripada membawah negatif mendingan dihapus aja, kita butuh teman tapi teman yang mengajak dalam kebenaran teman yang dan dapat membantu kita dalam kesusahan.

Nah..caranya gimana sobat  menghapus teman

Sebelum memulai menghapus teman jika fbnya menggunakan bahasa  english or ingrish silahkan diubah menjadi bahasa indonesia biar memudahkan dalam sunting fb tapi klo anda pandai english tidak perlu diganti
  1. Dihalaman facebook disitu kan ada tertulis Beranda Profile dan Akun Nah...klik aja Akun nanti akan muncul beberapa kalimat diantaranya Sunting teman , gunakan Facebook Sebagai halaman , Pengaturan Akun,  Pengaturan Privasi, Pusat Bantuan , Keluar. selanjutnya klik Sunting teman selanjutnya disitu ada tulisan cari teman , silahkan ketik nama yang akan dihapus setelah temannya muncul maka klik tanda silang (x) pada teman yang akan di hapus. paham ga?

   2.   Cara paling mudah :
  
         Silahkan masuk ke halaman profile temanya yang mau dihapus"!. terus gimana cara masuk kehalaman  Profile teman?

         Pada kotak pencari facebook ketik nama yang hendak dihapus setelah muncul silahkan klik gambarnya 
kemudian pada halaman profilenya scroll kebawah lalu perhatikab tulisan yang ada dibagian kiri dibawah teman disitu ada tulisan Usulkan Teman, Putuskan Pertemanan, Lporkan/ Blokir Orang Ini seperti gambar dibawah ini


 Selanjutnya Klik Putuskan Pertemanan atau Hapus teman

Oke itu aja Sobat, selamat mencobah....oya jangan lupa ceritanya hehehe....        
.



Membagi Ruang Posting Menjadi Dua Kolom

Oya sobat kita jumpa lagi. berapa minggu ini saya ga perna post berhubung karena ada kesibukan lain ya...biasalah sobat sebagai mahasiswa pastinya kawan-kawan ngerti ada aja tugasan yang perlu dan wajib kita kerjakan. oya pada kesempatan ini, menunggu datangnnya waktu makan sahur, mendingan saya nulis-nulis artikel yang berkenaan tentang masalah tutorial blog dengan satu harapan semoga bisa bermamfaat nantinya
     
     Oya sobat," kemarin saya menemukan salah satu blog yang mana artikelnya / ruangan potingannya terbagi menjadi dua kolom, awalnya saya kira situs web resmi  ternyata...dan ini sangat menarik. jadi bagi sahabat yang suda tau cara membuatnya saya kira tak perlu teruskan membacanya tapi klo sahabat yang belum tau dan minat silahkan. 

Perhatikan dibawah ini RUANG POSTING DUA KOLOM
MENYANYI sahur...sahur. sahur...sahur. sahur. sahur sahur......................................................
sahur,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,sahur,,,,,,,,,,,,
sahur,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,sahur,,,,,,,
sahur,,,,,,,,,,,.....................sahur..............
sahurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr...................
bangun,,,,,,,,,,.................................n bangun,,,,,,,,,,,,,,bangun.................bangun
Semoga dimalam yang berbahagia ini kita dapat petunjuk dan semoga kita selalu diberi kemudahan dan terus istiqamah,,,...oya sobat jangan lupa untuk selalu berdoa agar dibulan romadhan ini ibadah kita semakin bertambah amin.... persiapkan baju baru untuk lebaran hehehehe,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.............................

Tau ga giamana caranya ?? nah...klo belum tau, jum ikutin aja cara-caranya sobat

Simple aja

  1. Sebelum menulis artikel diblogmu sobat, masukkan terlebh dahulu code dibawah ini. da tau kan gimana caranya menulis artikel diblog, klo belum tau anda sunggu terlalu hehehe....canda sobat..
          Pada ruangan posting atau New Post Klik Edit HTML  kemuadia masukkan code dibawah ini :

<table cellpadding="10" cellspacing="10"><tbody>
<tr> <td align="justify" valign="top" width="250"> Mulai menulis artikel sepuasnya sekarang</td><td align="justify" valign="top" width="250"> Kolom kedua, terserah anda nulis apaan</td> </tr>
</tbody></table>

2. Setelah dimasukkan kode diatas klik Compose, itu tu...tulisan yang dekat Edit HTML. maka akan muncul tulisan seperti dibawa ini :

Mulai menulis artikel sepuasnya sekarang
Kolom kedua, terserah anda nulis apaan
3. Atur panjang pendek tulisan, anda bisa ubah sobat angka 10 dan 250 ingat"! klo mau ubah, ubah angka dua-duanya.

4. Selanjutnya habis menulis artikel ,klik PREVIEW untuk melihat hasilnya jika suda sesuai Klik PUBLISH POST

5. Jika sukses ucapkan alhamdulillah....

Selamat mencobah sobat.....

KOMENTAR TERBARU